Bismillah,

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kebetulan saja saya kuliahnya di Prodi Statistika. Bukan di universitas ternama sih, hanya di Universitas Terbuka. Jadi daripada hilang ilmu yang saya dapatkan di sana dan beberapa ilmu yang saya tuntut di negeri orang melalui online, ya saya tulis saja di sini. Namun, tentu saja, apa yang saya tulis tidak seperti apa yang tertulis di buku. Bikin pusing saja ntar. Tapi lebih kepada contoh penerapan langsung di studi kasus dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut dengan  ilmu statistik.

Intinya saya bukan orang yang suka belajar dari teori lalu praktek. Tetapi harusnya di mulai dari masalah yang dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya dengan ilmu yang ada.

Apalagi statistik. Banyak ilmu statistik yang dipelajari di bangku kuliah, sepertinya menjadi tidak terpakai di dunia nyata. Lihat saja penelitian-penelitian kuantitatif yang ada. Apa ada yang masih meneliti perbandingan rata-rata 2 buah kelompok, tok. Pastilah mereka akan melakukan penelitian yang kesannya jelimet, biar dianggap bernilai tinggi bagi mereka yang awam dengan statistik.

Insha Allah, pada blog ini, saya hanya akan berbagai sesuatu yang menarik buat saya saja. Blog ini bukan tempat belajar statistik secara lengkap dan terurut. Blog ini bukan bermaksud untuk menggurui atau mendidik karena saya bukanlah tenaga pendidik. Just sharing the knowledge. Insha Allah.

Yosiro