Bagi kamu yang sedang duduk di bangku sekolah atau kuliah, mungkin menghafal merupakan cara yang tak populer untuk mendapatkan nilai yang tinggi di sekolah.

Ya, masalahnya di sebagian institusi pendidikan kita masih mengedepankan kemampuan menghafal untuk bisa menjawab permasalahan yang diberikan pada kertas-kertas soal ujian.

Contoh saja, pelajaran Biologi misalnya. Anda tidak bisa mendapatkan nilai yang tinggi di mata pelajaran ini jika tidak bisa menghafal istilah-istilah biologi yang bisa jadi nanti setelah selesai sekolah, tidak akan pernah Anda ingat lagi hafalan tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghafal. Ada yang menggunakan cara menghafal dalam hati, ada yang dibaca terus menerus, ada yang menggunakan mind map, ada yang menggunakan mind palace, dan lain-lain, tergantung dari kemampuan dan kecocokan individu-individu itu sendiri.

Bagi mereka yang memiliki tingkat kemampuan menghafal yang kuat dan tidak lekas lupa, maka saya rasa mereka tidak perlu belajar teknik menghafal yang baru, karena pasti mereka memiliki telah cara tersendiri.

Namun kebanyakan dari kita atau rata-rata dari kita tidak memiliki kemampuan menghafal yang terlalu baik.

Contoh saja, misalkan Anda sekarang berada di situasi di mana sedang bertemu dengan orang yang baru dikenal. Anda mungkin menanyakan namanya di awal pembicaraan dan 30 menit kemudian, kemungkinan Anda sudah lupa dengan namanya tersebut?

Untuk itu, pada artikel kali ini, Saya akan berbagi cara dan teknik menghafal pelajaran yang selama ini saya terapkan.

Namun tidak semua bentuk hafalan bisa dilakukan dengan teknik seperti ini. Misalkan Anda mau menghafal Al-Qur’an, maka teknik ini tidak bisa diterapkan karena teknik ini bukan untuk menghafal sesuatu yang berurutan.

Teknik hafalan berikut, hanya cocok untuk menghafal istilah-istilah, seperti vocabulary bahasa Inggris, biologi, dan semisalnya.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Install Aplikasi Quizlet

Bagi Anda yang ingin menghafal melalui Handphone, bisa menginstall terlebih dahulu aplikasi Quizlet. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini melalui browser internet melalui link www.quizlet.com.

Selanjutnya Anda bisa mendaftar seperti biasa untuk kemudian bisa menggunakan aplikasi tersebut.

2. Gambaran umum Aplikasi Quizlet

Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus paham terlebih dahulu gambaran umum terhadap fitur-fitur yang ada di aplikasi Quizlet.

Personalisasi

Sebelum menggunakan aplikasi ini ada baiknya Anda melakukan personalisasi terlebih dahulu. Jika data pribadi Anda terlalu sensitif untuk diketahui secara publik, saran saya buatlah sebuah profil dunia maya Anda sendiri. Tidak mesti jujur-jujur banget, yang penting tidak merugikan pihak lain. Tapi ingat, buatlah profil yang mudah diingat, atau kalau perlu dicatat saja karakteristik profil dunia maya Anda, dari nama, alamat, tanggal lahir, email, nomor hp, dan lainnya, agar suatu saat jika lupa, Anda masih punya catatannya.

Materi

Materi pelajaran pada Quizlet ini terbagi dua: materi yang dibuat oleh orang lain (ada yang gratis ada yang berbayar) dan materi yang kita buat sendiri.

Saya sendiri lebih suka menggunakan materi yang saya buat sendiri karena kebutuhan kita pastilah berbeda-beda.

Tapi tidak ada salahnya kamu bisa mengeksplorasi sendiri materi-materi gratis yang tersedia di dalam Quizlet ini.

3. Cara menghafal

Metode menghafal pada aplikasi ini bertingkat-tingkat. Namun saya akan mencontohkan apa yang biasa saya gunakan dan selanjutnya Anda boleh berkreasi sendiri menggunakan fitur-fitur yang ada.

Untuk tahap pertama, saya akan menggunakan metode LEARN. Pada fitur ini setting terlebih dahulu agar kita hanya akan menjawab dengan metode multiple choice saja dengan cara disable kan question type kecuali “Show Multiple Choice Question.”

Tekan tombol back, dan Anda bisa langsung mengerjakan tugas-tugas yang ada. Jika Anda bisa menjawab langsung dengan benar, maka pertanyaan dianggap selesai dengan tanda double centang. Jika masih salah, maka pertanyaan akan diulang-ulang sampai Anda bisa menjawab dengan benar dua kali berturut-turut. Setelah selesai, maka sesi hafalan Anda pun selesai.

Ulangi setiap hari dengan cara restart learn agar Anda bisa memulai kembali dari awal.

Tanda bahwa Anda sudah menguasai materi hafalan tadi adalah, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaannya tersebut dengan mudah dan cepat. Misalkan untuk 100 pertanyaan, pada awalnya Anda hanya bisa menyelesaikan dalam waktu 30 menit, namun lama kelamaan, Anda sudah bisa menjawab hanya dalam waktu kurang dari 15 menit. Ini tandanya, Anda sudah mulai hafal secara sepintas. Untuk itu bisa melanjutkan ke tahap yang lebih kompleks untuk mengokohkan hafalan Anda tersebut.

Buka setting dan pilih question type nya hanya “Flashcard.”

Cara menghafalnya adalah dengan menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, jika jawaban Anda benar, klik pertanyaannya dan cocokkan dengan jawaban Anda tersebut. Jika benar, maka pilih “GOT IT”, jika masih salah pilih “STUDY AGAIN.” Dengan cara ini kita akan benar-benar akan menguasai semua materi hafalan kita dengan mudah.

Latihan dengan metode flashcard ini hanya dilakukan jika pada metode multiple choice nya sudah benar-benar dikuasi. Jika belum maka saya sarankan untuk berlatih terus dengan multiple choice terlebih dahulu.

Kesimpulan

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam membuat konten hafalan agar lebih efektif.

  • Bagilah pertanyaan-pertanyaan Anda sehingga setiap section hanya terdiri maksimal 50 pertanyaan saja.
  • Jangan sampai bagian “definition” atau pertanyaan menjadi duplikat, tapi Anda boleh membuat “term” menjadi duplikat.
  • Usahakan bagian “term” memiliki jumlah kata yang sedikit.
  • Jika Anda menggunakan komputer untuk mengisi pertanyaan, Anda bisa menggunakan fasilitas copas dari excel ke quizlet. Jadi buat dulu jawaban dan pertanyaannya di excel, kemudian copas ke quizletnya.
  • Buatlah jadwal belajar. Paling tidak maksimal 1 jam sehari, jangan lebih, karena nanti Anda akan menjadi bosan dan meninggalkan cara belajar ini dengan cepat. Buatlah jadwal yang teratur, misalkan pelajaran A, 10 menit, pelajaran B, 10 menit, dan seterusnya.

Demikianlah beberapa teknik yang saya gunakan dalam menghafal pelajaran-pelajaran saya di Universitas Terbuka sehingga saya bisa mendapatkan nilai A.

Kunci dari keberhasilan dari metode ini adalah konsistensi. Jika Anda tidak konsisten dengan jadwal Anda sendiri, maka jangan terlalu berharap banyak Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Metode yang saya paparkan di sini murni pengalaman pribadi, namun Anda boleh mencoba sendiri mana yang kira-kira lebih cocok dengan Anda dan pelajaran Anda.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memilih opsi “Write Question” agar hafalan Anda semakin kuat.

Image Source: